Selasa, 16 Juli 2013


Bisnis Elektronika Modal Nekat

Sekitar Tahun 2004 setelah pulang berlayar menjadi Kuli Kapal, yg hanya lulusan S3 (SD,SMP,SMA) mau kerja malah ketipu orang akhirnya menggangur di kampung halaman. Dia berjualan mainan pake sepeda onthel (sepedanya masih lho smp skrng). Terus sampai punya Distro dan rental Playstation (yg akhirnya tutup dengan teratur).
Di usia yg masih muda 25 Th dia melamar seorang gadis baru berumur 19 Th. Setelah menikah di 2009, Buka Toko elektronik dengan modal dengkul (alias modal cuap-cuap aja ).
Bahwa kami punya Toko Elektronik itu pun Tempatnya di Garasi Rumah Orangtua, jauh dr kota.
Buka usahanya banyak juga rintangan dari Ortu yang bukkn dari pengusaha (alias PNS & Kuli Bangunan). Modal tidak ada, mau Hutang gak punya jaminan. Tapi kami TETAP GIGIH mempertahankan usaha ini hingga sekarang. Usaha ini kami namakan dengan BURSA ELECTRA. Kini semakin banyak pelanggan yang datang ke toko kami. Bahkan Leasing, Finance Credit Menyatakan Toko kami yang menjadi Top Leader (Kredit Elektronik Terbanyak) di Kota Kami (Salatiga).
Sampai sekarang kami bisa punya Mobil Baru (Bkn 2nd), Kuliah sampai S2 and memiliki Keluarga yang sangat bahagia. Cita–cita & Ambisi kami adalah Menjadi Toko Elektronik Terbesar di Salatiga, Ambarawa & Boyolali.
CONTOH Modal CUAP – cuap :
Maaf Bapak, barang yang bapak cari itu, kebetulan di toko kami sedang kosong. Tapi AKAN KAMI USAHAKAN HARI INI juga, Bapak bisa mendapat barang itu. Max 24 Jam nanti kami akan menghubungi Bapak! ( Segera juga cari barangya di toko lain = Inilah tantangan kita sebagai owner dan reputasi usaha kita)
Bisnis bukan karena blm punya modal, belum punya tempat strategis, bukan pula dari golongan dan keturuna pengusaha, gak punya skill…
Yang penting Buka aja dulu.
Dan Semagat trus meskipun dalam keterbatasan.
Hwoaa……
T:
Berapa modal awalnya?
bagaimana strategi pemasarannya?
Bagaimana cara promosinya?
Ceritain dong apa yang harus dilakukan untuk bikin toko elektronik seperti ini?
Dulu pkiranya sih simpel : Usaha apa ya yg bisa bkin kita KAYA. He…he… Maka saya Contoh aja yang sudah jalan & sukses.
Jangan takut sama yang sudah lebih dulu besar.
Berapa modal awalnya?
Modalnya dulu, datang ke Pameran elektronik (Tanya-tanya disana, kalau di jual lagi ada harga khusus gak?  Jangan lupa minta kartu nama). Cuma nanya aja! Kalau sudah ada orderan baru kita cari.
Kalau kita sering order dan sudah berjalan, pasti di kasih KEPERCAYAAN sama koko & caciknya kok!
Bawa dulu, bayar kalau sudah laku. Jaga trus KEPERCAYAANnya, itu modal utama.
Bagaimana strategi pemasarannya?
Di toko kita kasih kardus-kardus bekas elektronik sebagai display. Modal buat Brosur aja, Radio & Komunitas di FB. Ini murah bahkan Gratis.
Bagaimana cara promosinya?
Promonya di Group FB yang paling banyak & Radio Lokal, Radio Dangdut (Menjangkau semua kalangan).
Ceritain dong apa yang harus dilakukan untuk bikin toko elektronik seperti ini?
Niat aja yang Kuat & Optimis kita bisa KAYA & SUKSES
Amin…99x
Artikel ini dipersembahkan oleh:
Pramu Dillianto EU8, S.KOM, SH, MH
Owner BURSA ELECTRA salatiga

Tidak ada komentar:

Posting Komentar